Jenis-jenis Domain


Berdasarkan besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan domain, maka jenis domain dibagi menjadi dua jenis yaitu :
·     Domain Gratis
Siapa saja yang akan menggunakan domain ini, maka dapat memperolehnya secara gratis. Domain yang gratis terdiri dari :
1.    Domain berbasis blogspot.com. Apabila anda berkeinginan menggunakan nama domain blogspot.com, maka dapat dengan mudah memperolehnya yaitu dengan mendaftar ke blogger. Karena nama domain ini gratis maka nama domain yang akan kita gunakan harus terdapat kata blogspot.com. Misalnya teknikblogs.blogspot.com.
2.    Domain berbasis wordpress.com. Apabila anda berkeinginan menggunakan nama domain wordpress.com, maka dapat dengan mudah memperolehnya yaitu dengan mendaftar ke wordpress. Karena nama domain ini gratis maka nama domain yang akan kita gunakan harus terdapat kata wordpress.com. Misalnya teknikblogs.wordpress.com.
·     Domain Berbayar.
Untuk menggunakan domain berbayar, maka tentu saja kita harus membayar sejumlah uang kepada perusahaan penyedia jasa domain untuk dapat menggunakan nama domain yang kita inginkan. Pembayaran biayanya biasanya dihitung per tahun dan tiap tahun harus diperpanjang. Beberapa jenis domain berbayar antara lain :
Nama Domain
Penggunaan
.org
Untuk organisasi
.com
Untukkomersial
.biz
Untuk bisnis
.info
Untuk informasi
.net
Untuk Jaringan
.co.id
Untuk komersial, badan usaha
.web.id
Untuk pribadi/komunitas
.net.id
Untuk penyedia jasa telekomunikasi yang berlisensi
.ac.id
Untuk Universitas/Perguruan tinggi dan sejenisnya
.sc.id
Untuk sekolah (SD, SMP, SMA dan lain-lain)
.go.id
Untuk Pemerintah
.mil.id
Untuk militer

Postingan populer dari blog ini