Cara Mudah Menghitung Jumlah Kata dan/atau Angka Dalam Artikel Yang diPosting Pada Suatu Blog



Sebelum menghitung berapa banyak Kata dan Angka Dalam Artikel Yang diPosting dalam Blog anda, tentu saja perlu tahu kenapa harus susah-susah menghitungnya kayak gak ada kerjaan aja ya.

Banyaknya Kata dan/atau Angka dalam artikel yang ditulis untuk suatu blog sangatlah penting karena merupakan salah satu faktor yang akan menentukan posisi suatu artikel yang akan diposting dalam sebuah blog di mesin pencarian/search engine milik mbah google (menurut mbah google) semakin baik posisi artikel tersebut pada google search engine maka semakin besar peluang artikel tersebut diklik dan dilihat oleh pengguna internet boleh percaya boleh tidak. Jadi sangatlah penting untuk mengetahui berapa sebenarnya jumlah kata dan/atau angka dalam artikel yang akan anda postingkan pada suatu blog.
Perlu anda ketahui bahwa untuk tahun 2013, menurut mbah google jumlah Kata dan/atau Angka Dalam Artikel Yang diPosting dalam suatu Blog berkisar di angka 1.000, tetapi kalau susah ya paling tidak di angka 500 atau lebih.
Tentu saja bagi pemula seperti saya atau blogger pemula lainnya sangatlah susah untuk mencari kata dan/atau angka sebanyak 1000 dalam sebuah artikel. Boro-boro 1000, 100 saja susahnya minta ampun.
Mengapa susah ?
Susah karena kata dan/atau angka yang akan ditulis dalam sebuah artikel haruslah relevan/berhubungan dengan niche atau topik blog tersebut, selain itu menurut pakar blog kata-kata tersebut harus mengandung keyword/kata kunci. Makin susahlah bagi saya.
Akan tetapi seperti kata pepatah kalau ingin mendapatkan hasil yang baik tentu saja perlu perjuangan yang keras.
Kalau saya biasanya menulis artikel tidak pernah menghitung berapa kata yang akan ditulis karena tujuan ngeblog adalah ingin berbagi pada orang lain moga-moga ilmu yang sedikit saya miliki dapat bermanfaat buat orang lain. Jadi buat saya ngeblog harus dinikmati juga, karena kalau terpaku dengan aturan-aturan jumlah kata dan/atau angka dalam menulis suatu artikel, maka akan seperti robot yang harus terpaku dengan aturan baku. Selain itu akan membuat diri saya tersiksa karena harus menyusun kata yang jumlahnya diluar kemampuan saya. Jadi bagi saya kesenangan lebih penting daripada keharusan untuk membuat artikel yang sesuai dengan pakem yang sudah ada misalnya dengan 1000 kata dan/atau angka.  Yang terpenting saya senang dan dapat memberikan manfaat bagi orang lain, meskipun untuk itu pengunjung yang membaca artikel tersebut lebih sedikit daripada apabila menulis dengan banyak kata dan/atau angka.
Tentu saja akan berbeda jika anda ngeblog dengan tujuan untuk mencari uang, maka posisi artikel anda pada google search engine sangatlah penting. Dengan posisi teratas ataupun pada halaman pertama maka kemungkinan mendapatkan traffic/kunjungan dari pengguna internet akan sangat besar hal ini disebabkan karena pengguna internet cenderung untuk mengeklik artikel suatu blog pada bagian teratas dari google search engine. Apabila banyak pengunjung blog yang berasal dari mesin pencarian/google search engine maka peluang untuk mendapatkan uang dari klik iklan di suatu blog akan meningkat, selain itu semakin banyak pengunjung maka akan membuat pemasang iklan mandiri akan semakin tertarik untuk memasang iklan di blog kita.
Oleh karena itu pada kesempatan ini saya akan menyampaikan cara untuk mengetahui berapa sebenarnya jumlah kata dan/atau angka yang telah kita tulis dalam suatu artikel yang akan diposting pada suatu blog, yaitu sebagai berikut :


  • Apabila anda ingin langsung mengetahui berapa jumlah kata dan/atau angka yang ada dalam sebuah artikel, maka sebaiknya gunakan Microsoft word untuk menulis artikel, karena dengan program ini dapat langsung diketahui berapa kata dan/atau angka yang telah anda tulis dengan melihat  bagian kiri bawah Komputer anda.
  • Cara selanjutnya adalah dengan memasukan/copy paste artikel anda kedalam http://www.wordcounttool.com/ kemudian klik submit, maka akan segera anda ketahui berapa sebenarnya jumlah kata dan/atau angka dalam suatu artikel tersebut.

Demikian yang dapat saya sampaikan kali ini semoga dapat memberikan manfaat bagi saya dan para blogger pemula. Semoga tidak pernah bosan untuk mencoba dan berusaha.

Postingan populer dari blog ini